Rabu, 14 November 2012

Ungkapan Hati Untuk Sahabat


Semua orang pasti punya yang namanya sahabat, atau lebih tepatnya sahabat sejati. Apakah kamu pernah merenung, apa yang telah kamu berikan untuk sahabat kamu? Bahkan saat kamu terpuruk, mereka yang ada di samping kamu. Saat kamu salah arah, mereka yang meluruskan jalanmu. Bahkan saat kamu menjauh, hanya mereka yang tetap setia menunggu kamu sampai kalian bisa sama-sama lagi. Bisa cerita-cerita, bisa tertawa bersama, bisa nangis, intinya bisa sama-sama lagi. Tapi itulah manusia...sekalipun kamu adalah manusia yang paling setia, paling benar, dan paling penyayang. Pasti pernah kan kamu melakukan kesalahan kepada sahabat kamu? Kamu melupakan sahabat kamu. Walaupun hanya satu detik, intinya tetap lupa kan? Apa kamu pernah berpikir, apa yang ada di benak sahabat kamu waktu kamu lupa sama dia? Sahabat sejati kamu tentu berpikir: "Sahabatku sedang merasa bahagia, aku juga ikut bahagia, aku bahagia melihatnya tersenyum seperti itu." Tapi...apa kamu sadar bahwa hatinya bicara seperti itu? Lalu ternyata sahabat kamu tau kalau kamu tidak sadar apa yang ada di dalam benaknya saat itu. Terus hatinya bicara lagi : "Aku percaya kok dia tidak akan mungkin pergi meninggalkan aku, sekalipun kita jauh, sekalipun dia terlihat seolah menjauh, tapi aku percaya bahwa kasih sayang seorang sahabat akan membuatnya tetap berada disini....aku percaya itu."
 
Tulisan ini untuk kamu yang merasa punya sahabat sejati, tentu kamu sangat menyayanginya. Sekalipun mereka pernah melakukan kesalahan sama kamu...maafkanlah! Manusia tiada yang sempurna. Dalam sebuah persahabatan tidak mungkin terus saja mulus, tanpa ada permasalahan, tanpa ada perselisihan, tanpa ada perbedaan pendapat. Kamu perlu tau rasanya pahit agar kamu bisa merasakan apa itu manis. Kamu perlu tau bagaimana pohon yang rendah agar kamu tau seperti apa pohon yang terlihat tinggi. Yang terakhir, kamu perlu jatuh agar kamu bisa tau bagaimana caranya untuk bangkit melawan dunia. Begitulah dalam persahabatan. Masalah yang ada agar membuat kamu menjadi dewasa. Masalah yang bisa mendewasakan kamu. Dengan adanya ujian dalam persahabatan, kamu akan lebih memahami betapa indahnya persahabatan itu.
 
Kepada kamu yang masih memiliki sahabat sejati. Jagalah sahabatmu, sayangilah mereka. Selagi mereka masih bernyawa, masih bisa menghirup udara di dunia, selagi hayat mereka masih bertaut dalam asa, selagi kalian masih bisa bersama.Ungkapkan kepada mereka, sahabatmu: Aku menyayangi kalian. Maafkan aku yang pernah berbuat kesalahan. Entah itu menyakiti kalian. Dari lubuk hatiku, aku meminta maaf. Kalian sahabat terbaikku, sahabat sejatiku. Mungkin ini terdengar hiperbolis. Namun satu hal yang harus kalian tau. Sekalipun aku terlihat seolah mengacuhkan kalian, kalian tetap sahabat terbaikku! Kalian yang terhebat. Aku menyayangi kalian. Bila tiba saatnya aku harus pergi. Satu permintaanku, aku ingin kalian berdoa di atas batu nisanku. Doakan segala yang terbaik untukku. Begitupun aku, akan kusampaikan kepada Tuhan untuk terus menjaga kalian saat aku sudah tidak bisa lagi berada di samping kalian, sahabat sejatiku...

2 komentar:

  1. Ini ngena sekali......
    Aku sayang kalian! {} Makasih, makasih udah jadi sahabat terbaik aku :')

    BalasHapus
  2. Sayang kalian jugaaaa!!! Sayang A.LI.M {}

    BalasHapus